Translate

mardi 27 mars 2018

My Lovely Home, My Lovely Show

Yak akhirnya nulis lagi.
Setelah sekian lama gak nulis karena terlalu banyak kesibukan (baca: males), dan karena aplikasi Blogger gua kena uninstall akibat bocah bocah asal otak atik hape, akhirnya sekarang mencoba nulis lagi.
Sebenernya ini bukan murni pengen nulis sih, tapi karena request juga. Hahahaha.

Iya ini emang request dari Ridho (@mazaridhomaza) yang mau bikin show My Lovely Home barengan Adi (@hardimansah) dan Bunda (@aryofs).
Tapi ya bukan berati gua nulis karena diminta doang. Gua gak pernah milih milih kok buat menghujat orang. Kalo emang lagi semangat, sekelas Tuhan pun pasti gua hujat. But, selama ini emang masih malesan aja. Bahkan kalo si Ridho gak request pun gua hampir lupa dengan kebiasaan ini.

Terlepas dari adanya tulisan ini karena request si empunya acara, gua tetep jujur dengan semua yang gua tulis. Jadi kalo mulut gua ngeluarin kata kata yang gak lo suka, lo pikir gua peduli apa?
Bodo amat. Emang gua pikirin.

Gua disini gak mau basa basi bilang kenapa harus nonton My Lovely Home. Ya karena emang gak ada keharusan juga sih. lo mau nonton ya silahkan, gak juga gapapa. Bukan urusan gua.
Tapi kalo lo mau nonton, sementara lo belom tau My Lovely Home dan gimana background orang orang yang bakal tampil, ya gua coba jelasin sebisa gua.

Apa sih My Lovely Home?
Seperti namanya dan asalnya. Jadi itu Standup Comedy Show dari 3 orang yang udah gua sebutin di atas. Dikasi nama begitu karena katanya 3 orang itu yang punya masalah di keluarga. Ada yang (katanya) broken home, ada yang (katanya) yatim. Katanya ya. Gua sih gatau kan gak tinggal serumah.
Menurut gua, ini menarik. Simple, mungkin sebagian orang udah tau kalo gua juga termasuk orang yang "bermasalah" di rumah. Dan buat gua pribadi, ada kenikmatan tersendiri ketika tau kehidupan orang dari latar belakang keluarganya. Karena dari hal itu kita punya dasar menilai dan menilai kepribadian orang. Jelas, karena selain lingkungan, didikan awal di keluarga itu menentukan kepribadian seseorang. Yakan? Yadong. Yasih?
Dan mereka bertiga ini mencoba menceritakan masalah itu ke lingkungan lebih luas yang mungkin aja gak terima dengan pemikiran dan statement di atas panggung nanti. Sangat beresiko untuk orang orang yang masi ngejer popularitas di tv nasional. Hahahaha.
Iya gua bilang beresiko, karena sebagian (besar) orang nantinya menganggap hal itu sebagai attitude yang buruk. Jangan tanya kenapa, gua udah ngerasain.
Buat sebagian orang, dimana sih bagusnya ngejelekin kehidupan keluarga lo yang harusnya jadi aib sendiri?
U know lah, orang Indonesia terlalu ramah. Terlalu peduli dengan urusan orang laen sampe lupa dengan istilah "Kalo lo gak suka ya gausah didenger".
Tapi bagus lah. Sejauh ini gua apresiasi keberanian, atau mungkin kebodohan, mereka untuk ngebahas itu. Terlebih semua itu coba dibungkus dengan komedi. Sesuatu yang menurut gua sulit. Karena kalopun ada yang nerima, kebanyakan malah jadi iba, bukan lelucon. Repot kan jadi orang Indonesia?

Selama 5 tahun gua bergelut di dunia standup comedy, ngebahas kesedihan di keluarga itu rasanya sulit. Gua belom pernah berhasil ngebungkusnya jadi lucu kecuali sekedar 1 atau 2 bit. Dan setau gua juga di Indonesia hampir gak ada yang pernah ngebahas itu. Entah karena banyak komika yang ngerasa susah juga, atau emang pada gak mau ngebahas sisi lain keluarganya.
Jadi kalo lo tanya gua kenapa pengen nonton, ya karena itu. Show kali ini beda dari yang lain. Dan kalo lo terbiasa nonton standup comedy di tipi, udah pasti kelucuan yang begini belom pernah lo tonton. Silahkan penasaran sendiri. Gua gak ikut campur.

Kalo gua pribadi cukup penasaran. Terlebih dari ketiga orang ini, gak ada satu pun yang gua tau background keluarganya.
Mulai dari Ridho yang katanya tinggal di Metro sama tantenya. Gua gak ngerti gimana caranya bisa tau keluarganya, sementara dia punya keluarga aja kok kayak gak yakin.
Di komunitas yang gua tau dari Ridho cuma materinya yang bener bener absurd. Jujur gua gak terlalu suka gaya absurd yang cuma ngandelin diksi diksi lucu. Ibaratnya kalo cuma ngomong kecoa kaleng, atau monyet laut, atau siluman kuping, menurut gua sih semua orang juga bisa. Tapi kadang absurd-nya si Ridho ini gak cuma dari diksi. Kelakuannya sehari hari juga bikin geleng geleng kepala. Kepala sekolah. Ya begitulah kalo absurd. Aneh kan dibacanya.
Wait, jangan jangan Ridho tinggal sama tantenya bukan karena mau dia. Tapi ya jujur gua gak yakin orangtuanya sabar ngeladenin kelakuan absurd dia.
Entah lah. Tunggu aja barangkali dia mau ngebahas itu juga. Mayan kan dapet premis gratis.

Selain Ridho, ada juga Adi. Apalagi anak ini, gua lebih gatau. Bahkan anak komunitas selain internal Metro, gua yakin ampir gak ada yang tau gimana Adi karena kebanyakan diem ampir gak ada interaksi dengan orang yang gak terlalu dia kenal.
Tapi walopun gitu, Adi ini termasuk yang paling gua tunggu. Walopun di awal muncul, dia juga komika dengan tipe materi yang gak gua suka. Ya karena terlalu ngikutin alur. Waktu awal rame, komika @sucmetro semuanya jadi Bintang Bete. Entah kenapa, hampir semua pokoknya.
Dan gua kurang suka. Karena entah kenapa cuma Bintang (menurut gua) yang lucu dengan pola kayak gitu, yang laen kok terkesan maksa buat gua. Selain itu juga gayanya di panggung jadi berasa gak natural. Kayak gak punya jati diri.
Sampe akhirnya rombongan generasi pertama di @sucmetro pada abis yang aktip di panggung. Dari sekian banyak komika, hampir semuanya tumbang.
Dan dari situ yang gua tau dari Adi cuma bacotannya di Twitter dan kegiatan aktip dia di dunia indie. Dari Twitter gua liat Adi punya banyak kemiripan dengan gua. Bahkan terakhir gua tau, di komunitas pun dia dikenal sebagai mulut sampah. Yak, stereotype yang sama dengan gua.

Setelah lewat 2 tahun dari gua openmic terakhir kali di Bejo's, akhirnya liat lagi Adi naek panggung. Dan di penampilan itu keliatan beda dari Adi yang dulu. Gak ada lagi pola pola macem Bintang.
Dibanding Ridho, buat gua sih Adi lebih layak untuk ditunggu.

Komika terakhir yang belom dibahas cuma Bunda. Pemilik akun instagram @aryofs ini juga lama gak gua liat. Dulu liat dia masih SMA, dengan badan besar dan sangar, doi milih persona yang sedikit "manja". Sampe akhirnya kesan manja dia ilang berkat rambut gondrong dan bewoknya. Bunda pun berubah jadi Surya Paloh-nya @sucmetro.
Bunda juga termasuk komika lawas @sucmetro yang lama gak gua liat penampilannya. Terakhir kesempatan gua liat dia di SUN2 Metro buyar gegara harus ngambil job luar kota di hari yang sama.
Iya, gak salah kok. Job luar kota. Tetep standup comedy. Gua masih laku kok.

Dari ketiga penampil itu cuma Bunda yang gua tau kehidupan di rumahnya. Itu pun bukan masalah keluarga, tapi masalah mistis rumahnya yang katanya banyak hantu dan Mbahnya yang udah tua tetep doyan gowes sepeda.
Setiap main ke Metro, gua selalu diajak minep rumahnya. Dari Kopi, Ridho, sampe tuan rumahnya selalu ngajak gua minep sana. Dan terakhir kali gua nonton openmic, gua diajakin minep disana dengan iming iming ada "hantu baru".
Konyol. Gua gak percaya begituan.
Walopun emang katanya sering liat, tapi gua gak percaya. Gua anggep itu khayalan, rasa parno gua doang. Mind games.

Jujur gua penasaran dengan penampilan Bunda. Bahkan dibanding Adi, Bunda yang sebenernya paling gua tunggu ceritanya karena gua gak pernah denger cerita apapun dari dia kecuali Mbah dan Hantu di rumahnya. Hantu. HANTU.
Siapakah Bunda yang sebenarnya? Apakah HANTU HANTU itu akan membantu penampilannya nanti?
Mari kita saksikan bersama My Lovely Home di Bejo's Milk, Rabu tanggal 2 Mei 2018. Tiketnya murah cuma Rp15.000 udah dapet susu gratis. Gak tau susu apa. Semoga susu MC-nya deh. Eh jangan ding. Nanti kalo gitu gua borong tiketnya, lo semua gausah nonton. Elos.
Ya pokoknya bayar dikit buat menghargai karya seniman lokal gak bikin lo miskin kok. Coba aja kalo gak caya.
Gua tunggu ya. Yok!!!

Aucun commentaire:

Featured Post

L'herbe du voisin est plus verte, mais la nôtre est plus épaisse

Peut-être que ma vie est trop une blague. Parce que pour moi dans la vie, on ne peut pas être trop sérieux. Parfois, nous avons besoin d'...