Translate

samedi 16 août 2014

Emotion or Motion?

Agama. Militer. Di masa kecil, gua selalu nganggep 2 hal itu sama.
Punya bokap yang tumbuh dan besar di lingkungan Nahdliyin, bikin gua (dari kecil) dapet pendidikan agama yang sangat keras layaknya militer. Bukan maksud jelekin golongan tertentu, tapi emang kenyataan bokap gua ngedidik aturan agama dengan sangat keras. Sedari kecil, sabetan rotan dan gesper udah jadi "santapan" gua sehari-hari.
Mungkin bokap yang berlebihan. Atau mungkin gua yang terlalu nakal. Memang ada hadist yang bilang "Suruh anakmu untuk sholat. Jika sampai umur 7 tahun dia tidak sholat, pukul". Tapi untuk bokap, pukul bukan cuma dilakuin jika anaknya gak mau sholat. Telat 15 jam normal pulang sekolah, bahkan telat 5 menit dari jadwal mandi yang dia buat, kulit lebam karena disabet rotan harus siap gua terima.

Gak ada yang salah dengan kekerasan. Gak ada yang salah dengan emosi bokap yang terlalu meluap-luap. Gua selalu maklum. Mungkin dia emang temperamen. Gua pun gak pernah nyalahin bokap karena gak ngerti kalo cara belajar anak itu dari proses dia bermain. Gua ambil kesimpulan di zaman dia gak ada yang paham itu. Gua pun gak pernah nyalahin dia ketika akhirnya gua tumbuh menjadi orang yang temperamen bahkan (seringkali) kasar. Gua gak nyalahin dia. Sama sekali gak pernah.
Bahkan gua heran dengan keluhan orang tentang KDRT. Bahkan gak segan ngelaporin anggota keluarganya sendiri karena masalah KDRT.
Kalo gua lihat tayangan di tv tentang kasus KDRT, yang terlintas dipikiram gua cuma "Ah, segitu doang, Biasa aja."
Ya. biasa aja. gak mungkin KDRT dilakukan tanpa ada kesalahan.
bukankah lebih baik saling introspeksi ketimbang saling lapor? Terlebih itu anggota keluarga lo sendiri.
Waktu kecil gua sering ngalamin KDRT. Dipukulin. Disabet rotan. Katanya gua "nakal". Gua terima aja walaupun gua sendiri gak tau apa itu "nakal". Gua gak ngerti definisi dari "nakal". Gua gak ngerti sebab seorang anak menjadi "nakal".
Kadang gua berfikir kalo gua ini "nakal" karena terbatasnya ruang gerak gua. Gua gak punya ruang gerak yang cukup untuk mengekspresikan diri, sampe akhirnya gua bisa bergerak dan meluapkan semuanya yang terpendam bertahun-tahun. Mungkin gua terlalu berlebihan. Mungkin gua terlalu ekspresif. Mungkin gua lakuin dengan cara yang salah. Entah, tapi gua tau kalo sikap itu yang jadi alasan orang bilang gua "nakal".
Nakal itu apa sih? Buat gua, apa yang kalian sebut "nakal" itu cuma salah satu bentuk ekspresi.
Entah itu marah, senang, kecewa, bahagia, marah lagi, senang sekali, kecewa sekian kali, bahagia di hati. Entah lah. Sama aja.
Bukankah semua hal di dunia ini sifatnya relatif?

Gua inget dari kecil selalu bawa masalah karena "nakal". Gua inget di setiap jenjang pendidikan dari SD sampe SMA selalu ngajak orangtua ke Ruang Kepala Sekolah. Selalu. Sampe akhirnya gua "berhasil" dikeluarin dari sekolah dan tetep nakal di sekolah yang baru.
Nakal buat gua cuma ekspresi. Ketika orang itu layak gua hajar, jangan halangin untuk "menghajar" orang itu.
Gua tipe orang yang kurang perhatian. Banyak guru yang bilang gitu. Banyak guru yang bilang bakal nemuin gua dalam "keadaan" pinter seandainya bisa ngajarin pendekatan persuasif.
Ya. Mungkin itu benar. Mungkin juga benar-benar salah.
Yang jelas gua mulai menemukan semangat belajar di sekolah dan dari hasil 2 bulan dicap sebagai anak "paling" pinter di kelas. Jujur gua sendiri risih dengan stempel "paling pinter" itu. Gua tetep achan. Gua tetep dengan "nakal" dan emosi gua. Sampe akhirnya dalam masa singkat (6 bulan) di sekolah baru itu gua nyaris dikeluarin lagi dari sekolah.
Buat gua, ngelawan itu jika kita benar. Dan diam tanpa perlawanan jika kita benar-benar salah. Tapi untuk orang "nakal" (atau ekspresif) kayak gua, semua itu dijalanin dengan emosi.
Temen-temen bilang betapa hebatnya gua "si anak baru" berani ngelawan guru BK yang selama 2 tahun ditakutin mereka.
Bahkan gak cukup ngelawan guru BK. Di tengah suasana hening Ujian Akhir Sekolah dengan gagahnya nantang berantem guru cewe yang SAMA SEKALI GUA GAK KENAL cuma karena dituduh ribut ngobrol. Apa hebatnya gua ngelawan? Gua pendiem. Temen gua berisik, gua dituduh berisik sampe gua mau digampar dan kertas ujian gua disobek karena (menurut dia) gua anak baru yang bikin ulah keributan di kelas waktu lagi UAS.
Gua memang ngelawan. Tapi gua gak ngerasa hebat. Gua pendiem. Gua objektif. Gua salah, diam. Gua bener, lawan.

Lagi-lagi "nakal". Lagi-lagi emosi. Nyokap cuma bisa nangis liat gua nyaris dipecat lagi cuma dalam tempo 6 bulan di sekolah baru.
Emosi. Ya. Musuh yang gak pernah bisa gua taklukin. Musuh yang terbentuk karena sempitnya ruang gerak gua sedari dulu.
Walaupun semua guru yang pernah ngajar gua di sekolah itu ngebela, gua tetep gak terima dituduh biang keributan. Guru-guru ngebela gua. Guru-guru tau "siapa" gua. Sampe akhirnya gua gak jadi dipecat karena "dipaksa" minta maaf. Seandainya bukan karena permintaan dari guru-guru yang ngebela, maaf gak akan pernah keluar dari mulut gua.

Salah satu guru yang ngebela gua, Bu Selvi, pernah bilang, "Seandainya kamu dikasih ruang gerak lebih untuk berekspresi, ibu tau kamu gak akan pernah jadi anak yang kayak gini, han."
Omongan Bu Selvi sedikit demi sedikit ngajarin gua tentang ilmu yang gak akan pernah diajarin di sekolah manapun di Indonesia. Kepribadian.
Mungkin sifat dia yang punya pendekatan persuasif sangat keren diterapin untuk berusaha mengubah gua jadi lebih baik. Mungkin kepribadian gua yang tempramen dibalik sifat pendiam gua ini menarik perhatian dia untuk terus ngamatin gua di sekolah.
Satu hal yang akhirnya gua dapet sekarang. Tempramen dan ruang gerak itu sangat berkaitan. Ketika lo gak bisa bergerak dan itu membuat lo frustasi, maka kepala lo akan dipenuhi emosi. Kebanyakan emosi lahir dari terbatasnya gerakan.
Gua cuma minta lo, gua, dia, kita mulai buka mata.
Emotion or Motion?

Aucun commentaire:

Featured Post

L'herbe du voisin est plus verte, mais la nôtre est plus épaisse

Peut-être que ma vie est trop une blague. Parce que pour moi dans la vie, on ne peut pas être trop sérieux. Parfois, nous avons besoin d'...