Translate

lundi 8 août 2016

Arti Kemerdekaan Kita

Move on itu susah. Ya. Gua percaya itu.

Jujur gua sendiri gak nyangka akhirnya bakal jadi kegini.
Gua inget omongan lo beberapa minggu lalu.
"Gak nyangka ya hubungan kita yang dulu udah sedeket nadi, sekarang jadi kayak gak saling kenal."
Oke gua tau. Gua paham sakitnya itu. Gua tau rasa sakitnya gimana.
Enggak gua gak pura pura baik. Gua memang paham karena jauh sebelum ini, gua udah ngerasain itu.
Jauh sebelum ini, gua udah ngerasain gimana sakitnya.
Jauh sebelum lo tau rasanya.
Jauh sebelum lo ngerasain sakitnya.
Jauh sebelum ini.

Gua sendiri gak nyangka bakal berakhir kegini. Gua sendiri gak nyangka bakal kalah sama keadaan.
Kalah sama rasa kecewa.
Kalah sama rasa sakit.
Kalah sama harapan yang mati pelan pelan. Walopun rasa itu bakal tetep tinggal.

Gua sama sekali gak nyangka.
Padahal 2 tahun lalu gua berfikir ini awal yang baik.
2 tahun lalu gua berfikir ini keputusan yang terbaik.
2 tahun lalu gua ngerasa gua dan lo bisa bener bener jadi kita walopun tetep "gua dan lo".

Gua sempet berfikir dengan kita mem-proklamir-kan diri berarti kita bakal jadi lebih merdeka berdua. Kita bakal jadi lebih baik walopun rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau.
Sayangnya gua lupa satu hal.
Kemerdekaan bukan cuma harus diraih, tapi juga dipertahankan.
Gua lupa kalo dulu setelah Indonesia merdeka, masi banyak perang mempertahankan kemerdekaan. Ideologi apa pun masuk mencoba merusak. Satu per satu persatuan dan kesatuan itu dibedel sampe hancur tercerai berai.

Iya, kitalah Indonesia.
Kitalah anak bawang yang sok idealis bertahan di bawah gempuran pasca kemerdekaan.
Kitalah yang senantisa berharap untuk bisa maju setara dengan mereka yang lebih dulu merdeka.
Sayangnya cuma gua yang mempertahankan kemerdekaan kita. Lo terlalu jumawa dengan kemerdekaan, terlalu gampang dipretelin ideologi baru. Pelan pelan terhasut separatis yang mau mecah belah persatuan kita.
Sementara gua susah payah mempertahankan kemerdekaan ini, bahkan gak segan untuk angkat senjata baku hantam demi menjaga keutuhan kita.
Lo disana masi bernegosiasi. Membuka pintu diplomasi dengan mereka yang jelas ingin merdeka dengan wilayah kita.
Kita dijajah pelan pelan sampe nanti yang tersisa cuma sejarah kemerdekaan kita!!!

Lo gak pernah nengok kesini. Lo gak pernah mau tau ketika gua hampir mati dibom, ditembakin sana sini.
Lo tetep negosiasi dengan liberal yang mengagungkan demokrasi.
Tapi lo lupa kalo kita sendiri menjunjung demokrasi bahkan lebih dari sekedar persamaan hak asasi.
Lo terlalu terbutakan materi. Maklum, liberal adalah akar dari kapitalis kapitalis yang kelak melahirkan kaum hedonis dari rahim kalangan borjuis.

Bukan seuruhnya salah lo yang gemar diplomasi. Mungkin salah gua terlalu cepet mem-proklamasi-kan kemerdekaan kita, sementara lo masih sibuk mencari jati diri.
Mungkin salah gua yang terlalu lemah menahan gempuran dari segala arah sampe akhirnya menyerah kalah dengan penjajah.
Mungkin salah gua yang gak sekuat dulu untuk bertahan dalam keadaan tertekan.
Jujur, berat buat gua ngadepin semuanya sendirian. Berat buat gua ngelanjutin semuanya sendirian.
Tapi gua juga gak bisa kalo harus hidup di tanah yang masih terjajah. Gua gak bisa lagi harus bertahan kalo cuma diperlakukan layaknya tahanan perang.

Gua lebih memilih menjadi primitif. Nomaden di zaman purbakala. Berpindah kesana kemari sampe dapet tempat tinggal yang nyaman dan aman. Bebas dari jajahan.
Gua harus bertahan sendirian. Gua harus pura pura biasa ngelepasin lo sebagai ibu kepala negara dari negara baru yang lo buat dengan bapak proklamasi yang pastinya juga baru.
Gua gak bisa lagi jadi kepala negara yang kekuasaannya terus di rongrong dari luar, terus dikudeta dari dalam.
Gua lebih memilih ditembakin tentara perbatasan daripada hidup sebagai warga jajahan di atas tanah kemerdekaan.
Gua lebih memilih kabur sampe nemu tanah yang bisa disinggahi lagi.
Gua lebih memilih memperkuat pertahanan sebelum siap mendirikan negara baru.
Biar lo sadar..
Sampe lo sadar..
Arti kemerdekaan kita.

(Aug 9, 2016, Bandar Lampung)

Aucun commentaire:

Featured Post

L'herbe du voisin est plus verte, mais la nôtre est plus épaisse

Peut-être que ma vie est trop une blague. Parce que pour moi dans la vie, on ne peut pas être trop sérieux. Parfois, nous avons besoin d'...